Jumat, Mei 10

4 Cara Hindarkan Kamar dari Serbuan Tungau


Tungau atau kadang disebut tinggi kadang menjadi masalah di rumah. Hewan berkaki delapan ini kerap bersarang di kasur, sofa, atau bantal yang kita gunakan sehari-hari. Tak jarang menggigit kulit dan menyebabkan alergi. Mengusir tungau lebih sulit daripada mencegah mereka menjadikan rumah kita sebagai sarang. Lebih baik jika kita melakukan tindakan pencegahan agar rumah tidak disambangi tungau.

Berikut ini beberapa tips dari Budi Setiabudiawan, Konsultan Alergi dan Imunologi Anak untuk menghindarkan rumah dari serbuan tungau. Agen Domino

1. Simpan Buku dan Majalah di Tempat Tertutup
Sebaiknya simpan buku, majalah, dan koran di tempat tertutup. Jika memungkinkan, simpan di luar ruangan.

"Sebaiknya disimpan di lemari atau kotak tertutup. Kalau terbuka, nanti banyak debu dan tungau. Apalagi, kalau ada kipas angin yang menyebabkan debu dan tungaunya semakin tersebar dan menyebabkan alergi," ujar Budi.

2. Tidak Menyimpan Boneka Berbulu di Kamar
Kurangi penyimpanan boneka berbulu di area kamar. Benda seperti ini rawan menjadi sarang tungau.

"Itu sarangnya debu dan tungau. Nanti, anak main boneka dan dicium atau diisap jadi lebih berbahaya, terutama jika alergi," tutur Budi.

3. Jangan Gunakan Karpet
Karpet atau permadani, terutama yang berbahan mirip bulu juga disukai tungau. Sebisa mungkin hindari penggunaannya di dalam ruangan keluarga maupun kamar. Bisa juga diakali dengan menggunakan tatami atau karpet berbahan kayu. Agen Domino

4. Gunakan Bantal Berbahan Busa
Bahan bantal pun berpengaruh besar untuk menjadikan ruangan bebas tungau. "Bantal sebaiknya terbuat dari busa. Jangan dari kapuk, dakron atau bulu angsa supaya bebas tungau maupun alergi. Gorden pun harus sering dicuci," tutupnya.

Demikian cara-cara untuk menghindarkan rumah Anda dari serbuan tungau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar